Artikel

Arti Lambang dan Makna Perguruan Bela Diri Tangan Kosong I.K.O. Kyokushinkaikan Indonesia

Arti Lambang dan Makna Perguruan Bela Diri Tangan Kosong I.K.O. Kyokushinkaikan Indonesia adalah:

Bentuk lingkaran melambangkan Perguruan Bela Diri Tangan Kosong Kyokushin Indonesia merupakan wadah pembinaan Kader generasi muda dalam rangka memupuk persatuan dan kesatuan yang kokoh khususnya dalam bela diri karate dan umumnya untuk Negara dan Bangsa Indonesia atas dasar semangat revolusi 17 Agustus 1945 dan berazaskan Pancasila dan Prasetya Karateka.

log--perguruan-kyokushin-

Lingkaran besar kecil dengan pembagian warna merah putih proporsional yang terisi nama PERGURUAN BELA DIRI TANGAN KOSONG-INDONESIA. Warna merah melambangkan semangat dan kemauan keras, sikap ksatria, kemenangan, ulet, rajin dan tahan banting. Warna putih, simbul dari ikhlas, kesucian iman dan taqwa dalam cinta tanah air.

Tulisan I.K.O (International Karate Organization) pada bagian dalam lingkaran melambangkan kesetiaan kepada organisasi induk kyokushinkaikan karate.

Lingkaran berwarna merah di belakang seorang karateka adalah KANKU simbol dari perguruan Kyokushinkaikan. KANKU menggambarkan apabalila ujung jari telunjuk bertemu dengan ujung jari telunjuk yang lain dan ibu jadi bertemu dengan ibu jari membentuk lobang ditengah-tengahnya, melalui lobang ini yang kita letakkan jauh di atas dahi kita, kita melihat ke langit sambil melakukan konsentrasi jiwa raga sampai mencapai keadaan keheningan sempurna seperti pada saat meditasi atau semedhi.

Gambar seorang Karateka warna hitam dengan tendangan Yoko Geri (tendangan kesamping, menggunakan sokuto dan di arahkan ke kepala) menggambarkan seorang karateka yang teguh hati dan siap sedia dalam segala keadaan.
Tulisan KANJI, KYOKUSHIN melambangkan kebenaran tertinggi sebagai tujuan mulia olah raga seni bela diri karate.

Leave a Comment